contoh soal dan jawaban Pengantar Teknologi Sistem Informasi

Soal type A
1.      Jelaskan definisi Komputer
2.      Sebutkan contoh aktivitas kehidupan manusia dengan komputer dibidang pendidikan
3.      Sebutkan contoh aktivitas kehidupan manusia dengan komputer dibidang kedokteran
4.      Jelaskan dampak positif perkembangan TIK dibidang sosial
5.      Jelaskan ancaman aktif terhadap sistem informasi
6.      Jelaskan definisi perangkat lunak ( software )
7.      Sebutkan evolusi perangkat lunak
Penyelesaian
1.      Komputer berasal dari kata “to Compute” yang berarti menghitung. Jadi secara umum komputer bisa kita sebut sebagai mesin hitung. Tetapi pengertian komputer saat ini bukanlah semata – mata sebagai alat hitung saja, tetapi adalah suatu alat hitung dengan kontruksi elektronikan yang mempunyai strorage internal ( tempat penyimpanan ) dan bekerja dengan bantuan Operating Sistem ( OS ) menurut program – program yang diberikan kepadanya. Komputer juga dapat didefinisikan sebagai suatu alat bantu untuk menyimpan, menggolah, dan menggambil kembali data atau informasi yang diperlukan.
2.      Komputer sekarang sudah masuk dalam dunia pendidikan bahkan murid – murid sekolah Taman Kanak – Kanak di Amerika sudah menggunakan komputer sebagai alat bantu dalam proses belajar .Penggunaan komputer sebagai alat pembelajaran dikenal sebagai CBE (Computer Based Education). CAI (Computer Assisted Instruction) digunakan para pendidik untuk menyampaikan arahan dalam pelajaran. Selain itu komputer juga dapat digunakan untuk meyimpan data-data pendidik dan para murid, materi belajar, dan soal-soal ujian maupun latihan. Komputer juga sekarang dipergunakan untuk membantu orang yang tuli mempelajari bahasa kode. Program komputer ini dikembangkan oleh seorang murid sekolah menengah atas dari florida yaitu Daniel K Johnston.
3.      Dibidang kedokteran, komputer banyak digunakan pada klinik – klinik dan rumah sakit untuk membantu para dokter mendiagnosa penyakit dan menemukan obat yang tepat. Dengan memasukan gejala – gejala penyakit dari pasien ke komputer maka dokter akan segera mendapatkan hasil dari jenis penyakit pasien dan dapat menentukan obatnya.komputer digunakan untuk membantu dokter menjalankan tugasnya seperti mendiagnosis penyakit, menghasilkan gambar sinar-X bergerak (CAT – Computer Axial Tomography), membantu orang cacat seperti menghasilkan alat membaca dengan teks khusus bagi orang tuna netra. Selain itu untuk menyimpan riwayat penyakit pasien, penggajian para karyawan RS, mengelola persediaan stock obat-obatan.
4.      Dampak positif perkembangan TIK dibidang sosial diantaranya adalah komunikasi menjadi lebih baik, kemudian transportasi data yang cepat dan aman, pekerjaan menjadi lebih cepat selesai dan lebih akurat, serta lebih efisiensi dalam tenaga kerja, Informasi yang ada di masyarakat dapat langsung dipublikasikan dan diterima oleh masyarakat, Hubungan sosial antar masyarakat dapat berlangsung dimana saja dan kapan saja, Sosialisasi kebijakan pemerintah dapat lebih cepat disampaikan kepada masyarakat, dan Tumbuhnya sikap percaya diri dan motivasi tinggi.
5.      Ancaman aktif terhadap sistem informasi adalah berupa kecurangan dan kejahatan komputer. Ancaman ini mendasarkan pada komputer sebagai alat untuk melakukan tindakan yang tidak benar. Penggunaan sistem berbasis komputer terkadang menjadi rawan terhadap kecurangan (fraud) dan pencurian.
Berbagai kode jahat atau usil juga menjadi ancaman bagi sistem komputer, kode yang dimaksud adalah :
o   Virus berupa penggalan kode yang dapat menggandakan dirinya sendiri dengan cara menyalin kode dan menempelkan ke berkas program yang dapat dieksekusi (misalnya berkas .exe pada DOS). Selanjutnya, salinan virus ini akan menjadi aktif manakala program yang terinfeksi dijalankan. Beberapa virus hanya “sekedar muncul”. Namun sejumlah virus yang lain benar-benar sangat jahat karena akan menghapus berkas-berkas dengan extension tertentu dan bahkan dapat memformat hard disk. Contoh virus jahat adalah CIH atau virus Chernobyl, yang melakukan penularan melalui email.
·         Cacing (Worm)Cacing adalah program komputer yang dapat menggandakan dirinya sendiri dan menulari komputer – komputer didalam jaringan.
·         Bom Logika atau Bom Waktu (Logic bomb or time bomb): Program yang beraksi karena dipicu oleh sesuatu kejadian atau setelah selang waktu berlalu. Sebagai contoh, program dapat diatur agar menghapus hard disk atau menyebabkan lalu lintas jaringan macet.
·         Kuda Trojan (Trojan Horse): Program yang dirancang agar dapat digunakan untuk menyusup ke dalam sistem. Sebagai contoh kuda Trojan dapat menciptakan
6.      Definisi perangkat lunak ( software ) adalah komponen processing system yang berupa program – program  dan teknik – teknik lain untuk mengontrol sistem. Pada umumnya istilah software menyatakan cara – cara yang menghasilkan hubungan yang lebih efisien antara manusia dan mesin komputer.
7.      Evolusi perangkat lunak
1.      Era Pioner (1950-1963): Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer. Cara lain dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi. Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah program untuk sebuah mesin untuk tujuan tertentu. Pada era ini, perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya. Penggunaan komputer dilakukan secara langsung dan hasil yang selesai di kerjakan komputer berupa print out. Proses yang di lakukan di dalam komputer berupa baris instruksi yang secara berurutan di proses.
2.      Era Stabil (1963-1980): Pada era stabil penggunaan komputer sudah banyak di gunakan, tidak hanya oleh kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi juga oleh kalangan industri / perusahaan. Perusahaan perangkat lunak bermunculan, dan sebuah perangkat lunak dapat menjalankan beberapa fungsi, dari ini perangkat lunak mulai bergeser menjadi sebuah produk. Baris-baris perintah perangkat lunak yang di jalankan oleh komputer bukan lagi satu-satu, tapi sudah seperti banyak proses yang di lakukan secara serempak (multi tasking). Sebuah perangkat lunak mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) secara cepat/langsung (real time). Pada era ini mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang di proses).
3.      Era Mikro (1980-1990): Sejalan dengan semakin luasnya PC dan jaringan komputer di era ini, perangkat lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan. Perangkat lunak dapat di bedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal dan perangkat lunak aplikasi yang di gunakan secara langsung oleh penggunannya untuk keperluan tertentu. Automatisasi yang ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan.
4.      Era Modern (1990-...): Saat ini perangkat lunak sudah terdapat di mana-mana, tidak hanya pada sebuah superkomputer dengan 25 prosesornya, sebuah komputer genggampun telah di lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat di sinkronkan dengan PC. Tidak hanya komputer, bahkan peralatan seperti telepon, TV, hingga ke mesin cuci, AC dan microwave, telah di tanamkan perangkat lunak untuk mengatur operasi peralatan itu. Dan yang hebatnya lagi adalah setiap peralatan itu akan mengarah pada suatu saat kelak akan dapat saling terhubung. Pembuatan sebuah perangkat lunak bukan lagi pekerjaan segelentir orang, tetapi telah menjadi pekerjaan banyak orang, dengan beberapa tahapan proses yangmelibatkan berbagai disiplin ilmu dalam perancangannya. Tingkat kecerdasan yang di tunjukkan oleh perangkat lunak pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang mulai bisa mengenal suara dan gambar.
Soal type B
1.      Jelaskan devinisi sistem
2.      Sebutkan contoh aktivitas kehidupan manusia dengan komputer di bidang seni
3.      Sebutkan contoh aktivitas manusia dengan komputer di bidang rekreasi
4.      Jelaskan dampak positif perkembangan TIK dibidang budaya
5.      Sebutkan metode penetrasi terhadap sistem berbasis komputer
6.      Jelaskan definisi perangkat lunak ( software )
7.      Sebutkan klasifikasi perangkat lunak
       Penyelesaian :
1.      Sistem menurut Webster, Sistem adalah kumpulan dari unsur – unsur yang secara teratur saling mempengaruhi atau saling tergantung satu sama lainnya yang keseluruhan merupakan kesatuan. Karena sistem merupakan kumpulan dari unsur – unsur, maka kemungkinan ada suatu sistem yang hanya terdiri dari satu unsur saja . apabila unsur – unsur dari suatu sistem itu disebut elemen maka istilah lain dari suatu sistem adalah suatu kumpulan dari elemen – elemen yang saling mempengaruhi yang saling berinteraksi untuk mewujudkan suatu kegiatan tertentu.
2.      Contoh komputer dibidang seni yaitu Synthesizer kini popular digunakan untuk meniru bunyi alat-alat musik tradisional seperti bunyi gitar dan piano. Komputer juga digunakan dalam berbagai proses penciptaan lagu seperti penyusunan dan rangkaian (sequencing) nada. Grafik komputer merupakan bidang yang pesat dimajukan kini. Komputer juga telah digunakan untuk menghasilkan animasi dalam film-film kartun dan untuk menghasilkan "special effects”.
3.      Komputer digunakan sebagai satu sumber alat rekreasi untuk orang ramai dimana permainan komputer, permainan arked, permainan video dan sebagainya mengandungi banyak cip-cip elektronik di dalamnya. Komputer juga digunakan untuk mengendalikan berbagai jenis alat rekreasi yang canggih seperti roller coaster. Komputer juga digunakan untuk mempromosikan tempat – tempat rekreasi melalui Internet atau iklan ditelevisi serta brosur dan baliho yang cara kerja dan pembuatanya melalui sistem kerja komputer.
4.      Dampak Positif perkembangan TIK di bidang Budaya adalah Adanya “share” budaya antar daerah, munculnya berbagai macam kulturasi antar budaya disuatu daerah, dapat mempelajari bagaimana budaya yang baik untuk memajukkan suatu daerah, saling memberi motivasi, tumbuhnya sikap percaya diri untuk lebih maju.
5.      Ada enam metode penetrasi terhadap sistem berbasis komputer, yaitu:
a.       Pemanipulasian masukan merupakan metode yang paling banyak digunakan, mengingat hal ini bisa dilakukan tanpa memerlukan ketrampilan teknis yang tinggi. Contoh seorang teller bank ditemukan mengambil uang dari rekening-rekening bank melalui sistem komputer.
b.      Penggantian program, biasa dilakukan oleh para spesialis teknologi informasi.
c.       Penggantian berkas secara langsung, umum dilakukan oleh orang yang punya banyak akses secara langsung terhadap basis data.
d.      Pencurian data: Dengan kecanggihan menebak password atau menjebol password  para pencuri berhasil mengakses data yang seharusnya tidak menjadi hak mereka.
e.       Sabotase: Sabotase dapat dilakukan dengan berbagai cara. Istilah umum digunakan untuk menyatakan tindakan masuk ke dalam suatu sistem komputer tanpa otorisasi, yaitu hacking.
f.       Penyalahgunaan dan Pencurian Sumber Daya Komputasi: Bentuk pemanfaatan secara illegal terhadap sumber daya komputasi oleh pegawai dalam rangka menjalankan bisnisnya sendiri.
6.      Definisi perangkat lunak ( software ) adalah komponen processing system yang berupa program – program  dan teknik – teknik lain untuk mengontrol sistem. Pada umumnya istilah software menyatakan cara – cara yang menghasilkan hubungan yang lebih efisien antara manusia dan mesin komputer. Atau bisa juga diartikan sebagai sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah.
7.      Klasifikasi Perangkat Lunak: Perangkat lunak secara umum dapat di bagi 2 yaitu perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi. Perangkat lunak sistem, yaitu perangkat lunak khusus yang berkaitan dengan hardware sistem komputer. Perangkat lunak sistem dapat di bagi lagi menjadi 3 macam yaitu :
A.    Bahasa pemrograman: merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang di rancang manusia ke dalam format yang dapat di jalankan komputer. Contoh bahasa pemrograman di antaranya:
Þ          Low level language, bahasa pemrograman generasi pertama, bahasa pemrograman jenis ini sangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin. Biasanya yang mengerti hanyalah pembuatnya saja.
Þ          Midle level language, merupakan bahasa pemrograman tingkat menengah dimana penggunaan instruksi sudah mendekati bahasa sehari-hari, walaupun begitu masih sulit untuk dimengerti karena banyak menggunakan singkatan-singkatan seperti STO artinya simpan (singkatan dari STORE) dan MOV artinya pindah (singkatan dari MOVE). Yang tergolong dalam bahasa ini adalah Assembler, For Tran (Formula Translator).
Þ          High level language, merupakan bahasa tingkat tinggi yang mempunyai ciri mudah dimengerti, karena menggunakan bahasa sehari-hari, seperti BASIC, dBase, Visual Basic, VB.net.
B.     Sistem Operasi: saat komputer pertama kali di hidupkan, sistem operasilah yang pertama kali di jalankan, sistem operasi yang mengatur seluruh proses, menterjemahkan masukan, mengatur proses internal, memanejemen penggunaan memori dan memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian, contoh sistem operasi : DOS, Unix, Windows 95, IMB OS/2, Apple’s System 7.
C.     Utility: sistem operasi merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, misalnya pemeriksaan perangkat keras (hardware troubleshooting), memeriksa disket yang rusak (bukan rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk (partisi, defrag), contoh Utilty adalah Norton Utility.
Sedangkan perangkat lunak aplikasi, beberapa contoh diantaranya adalah:
·         Pengolah kata, contoh: word star, chi writer, Ms word.
·         Spread sheet, contoh: lotus, excel, SPSS.
·         DBMS, contoh: Dbase, Acces, Foxpro.
·         Multimedia, contoh: media player, winamp.
·         Aplikasi games, contoh: mini games, heavy games.
Soal type C
1.      Jelaskan devinisi Informasi
2.      Sebutkan contoh aktivitas kehidupan manusia dengan Komputer dibidang Penelitian Science
3.      Sebutkan contoh aktivitas kehidupan manusia dengan Komputer dibidang Hankam
4.      Jelaskan dampak negative perkembangan TIK dibidang sosial
5.      Jelaskan ancaman pasif terhadap Sistem Informasi
6.      Jelaskan devinisi jaringan komputer
7.      Sebutkan keuntungan penggunaan jaringan komputer
Penyelesaian :
1.      Informasi adalah data yang telah diproses sedemikian rupa sehingga meningkatkan pengetahuan seseorang yang menggunakan data tersebut (MC Fadden, dkk). Nilai informasi berhubungan dengan keputusan. Bila tidak ada pilihan atau keputusan, informasi menjadi tidak diperlukan. Ciri-ciri informasi adalah benar atau salah (berhubungan dengan kebenaran terhadap kenyataan), baru (informasi benar0benar baru bagi si penerima), tambahan (informasi dapat memperbaharui/ memberikan perubahan terhadap informasi yang telah ada), korektif (informasi dapat digunakan untuk melakukan perbaikan terhadap informasi sebelumnya yang salah/kurang benar), dan penegas (informasi dapat mempertegas informasi yang telah ada sehingga keyakinan terhadap informasi semakin meningkat). Informasi juga memiliki mutu, yaitu akurat, tepat waktu, dan relevan.
2.      Komputer dibidang penelitian digunakan untuk penyelidikan tenaga nuklir dan pemrosesan data, penyelidikan kawasan minyak. Komputer juga digunakan untuk penelitian angkasa lepas dan penyelidikan asas dalam sains dan matematik. Komputer juga digunakan dalam ramalan cuaca seperti mengambil gambar awan dan dikirim ke bumi. Di bumi para ahli cuaca akan meramal cuaca pada ketika itu.
3.       Komputer dibidang HanKam : Komputer juga dicipta untuk tujuan perperangan dalam sistem senjata, pengendalian dan komunikasi. Kapal perang dan kapal terbang yang modern dipasang dengan peralatan komputer yang canggih untuk membantu dalam melakukan navigasi atau serangan yang lebih tepat. Komputer juga digunakan untuk latihan simulasi perperangan bagi calon prajurit untuk mengurangkan biaya
4.      Dampak negatif perkembangan TIK dibidang sosial diantaranya adalah manusia menjadi tergantung dengan komputer, kemudian manusia juga menjadi kehilangan pekerjaan karena komputer lebih cepat dan teliti daripada manusia itu sendiri, dan munculnya hacker-hacker yang merusak data-data dalam komputer walaupun sudah di password.
5.      Ancaman pasif dapat berupa Bencana alam merupakan faktor yang tak terduga yang bisa mengancam sistem informasi. Banjir, badai, gempa bumi, dan kebakaran dapat meghancurkan sumber daya pendukung sistem informasi dalam waktu singkat. Kesalahan pengoperasian sistem oleh manusia juga dapat mengancam integritas sistem dan data. Pemasukkan data yang salah dapat mengacaukan sistem. Gangguan listrik, kegagalan peralatan dan kegagalan fungsi perangkat lunak dapat menyebabkan data tidak konsisten, transaksi tidak lengkap atau bahkan data rusak, Selain itu, variasi tegangan listrik yang terlalu tajam dapat membuat peralatan terbakar.
6.      Computer Network, atau jaringan komputer, merupakan sekumpulan komputer yang dihubungkan melalui media fisik dan software yang memfasilitasi komunikasi antara komputer-komputer tersebut.
7.      Keuntungan penggunaan jaringan komputer diantaranya adalah:
·         Penggunaan data, aplikasi, dan peralatn secara bersama-sama
·         Akses jaringan menggunakan password dan pengaturan hak untuk data-data rahasia
·         Komunikasi antar user dapat melalui e-mail atau LAN conference
·         Manajemen data yang tersentralisasi oleh administrator
·         Data yang selalu up to date
Soal type D
1.      Jelaskan 3 ukuran untuk menentukan kualitas informasi
2.      Sebutkan contoh aktivitas kehidupan manusia dengan komputer dibidang perbankan
3.      Sebutkan contoh aktivitas manusia dengan komputer dibidang Industri
4.      Jelaskan dampak negatif perkembangan TIK dibidang Budaya
5.      Etika dalam sistem Informasi mencakup
6.      Jelaskan definisi internet
7.      Sebutkan syarat – syarat terhubung internet
Penyelesaian :
1.      3 ukuran untuk menentukan kualitas informasi adalah:
·         Akurat: informasi dikatakan akurat yaitu, informasi harus jelas mencerminkan maksud yang disampaikan dan harus bebas dari kesalahan-kesalahan serta tidak bias atau menyesatkan.
·         Tepat waktu: informasi yang dikirimkan dan sampai kepada penerima informasi haruslah tepat waktu dan tidak boleh terlambat.
·         Relevan: informasi dikatakan relevan apabila informasi tersebut harus bermanfaat bagi si penerima informasi. Relevan informasi yang diterima oleh masing-masing oenerima sangatlah berbeda-beda.
2.      Contoh aktivitas kehidupan manusia dengan komputer dibidang perbankan: Didalam Bank, komputer digunakan sebagai Sistem Uang Elektronik (menggunakan ATM, Kartu Kredit, Debit Card, dll), untuk menyimpan data, memproses transaksi dan, pembayaran tagihan secara online, pengecekan saldo, pemindahbukuan, informasi rekening, dan transfer uang.
3.      Contoh aktivitas kehidupan manusia dengan komputer industri: Komputer digunakan di dalam bidang industri (CAM – Computer Aided Manufacturing) untuk menghasilkan produktivitas kinerja yang tinggi, mengurangkan biaya dan menangani masalah kekurangan tenaga kerja. Misalnya, robot diciptakan untuk menjalankan semua kerja dengan mengikuti arahan yang diberikan melalui komputer seperti memasang komponen-komponen kereta atau membukanya kembali, membersihkan minyak dan menyembur cat dalam industri pemasangan kereta. Untuk merancang sebuah mobil digunakan CAD – Computer Aided Design, yaitu perancangan yang memakai bantuan komputer.
4.      Dampak negative perkembangan TIK di bidang budaya adalah Akibatkan erosi budaya, Lenyapnya identitas cultural nasional  dan local, Kehilangan arah sebagai bangsa yang memiliki jati diri, Hilangnya semangat nasionalisme dan patriotisme, Cenderung pragmatisme dan maunya serba instant, Disorientasi, dislokasi atau krisis social-budaya dalam masyarakat, Berbagai ekspresi social budaya asing yang sebenarnya tidak memiliki basis dan preseden kulturalnya, Semakin merebaknya gaya hidup konsumerisme dan hedonisme.
5.      Etika dalam sistem informasi: Masalah etika juga mendapat perhatian dalam pengembangan dan pemakaian sistem informasi. Masalah ini diidentifikasi oleh Richard Mason pada tahun 1986 (Zwass, 1998) yang mencakup privasi, akurasi, property, dan akses.
a.       Privasi: Privasi menyangkut hak individu untuk mempertahankan informasi pribadi dari pengaksesan oleh orang lain yang memang tidak diberi ijin untuk melakukannya. Contoh isu mengenai privasi sehubungan diterapkannya sistem informasi adalah pada kasus seorang manajer pemasaran yang ingin mengamati email yang dimiliki bawahannya karena diperkirakan mereka lebih banyak berhubungan dengan email pribadi daripada email para pelanggan. Sekalipun manajer dengan kekuasaannya dapat melakukan hal itu, tetapi ia telah melanggar privasi bawahannya.
b.      Akurasi: Akurasi terhadap informasi merupakan factor yang harus dipenuhi oleh sebuah sistem informasi. Ketidakakurasian informasi dapat menimbulkan hal yang mengganggu, merugikan, dam bahkan membahayakan. Sebuah kasus akibat kesalahan penghapusan nomor keamanan social dialami oleh Edna Rismeller. Akibatnya, kartu asuransinya tidak bisa digunakan dan bahkan pemerintah menarik kembali cek pensiun sebesar $672 dari rekening banknya. Mengingat data dalam sistem informasi menjadi bahan dalam pengambilan keputusan, keakurasiannya benar-benar harus diperhatikan.
c.       Properti: Perlindungan terhadap hak property yang sedang digalakkan saat ini yaitu dikenal dengan sebutan HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual). Kekayaan Intelektual diatur melalui 3 mekanisme yaitu hak cipta (copyright), paten, dan rahasia perdagangan (trade secret).
1)      Hak cipta: adalah hak yang dijamin oleh kekuatan hokum yang melarang penduplikasian kekayaan intelektual tanpa seijin pemegangnya. Hak cipta biasa diberikan kepada pencipta buku, artikel, rancangan, ilustrasi, foto, film, musik, perangkat lunak, dan bahkan kepingan semi konduktor. Hak seperti ini mudah didapatkan dan diberikan kepada pemegangnya selama masih hidup penciptanya ditambah 70 tahun.
2)      Paten: merupakan bentuk perlindungan terhadap kekayaan intelektual yang paling sulit didapat karena hanya akan diberikan pada penemuan-penemuan inovatif dan sangat berguna. Hukum paten memberikan perlindungan selama 20 tahun.
3)      Rahasia Perdagangan: Hukum rahasia perdagangan melindungi kekayaan intelektual melalui lisensi atau kontrak. Pada lisensi perangkat lunak, seseorang yang menandatangani kontrak menyetujui untuk tidak menyalin perangkat lunak tersebut untuk diserhakan pada orang lain atau dijual.
6.      Definisi Internet
      INTERnational NETworking: Merupakan 2 komputer atau lebih yang saling berhubungan membentuk jaringan komputer hingga meliputi jutaan komputer di dunia (internasional), yang saling berinteraksi dan bertukar informasi.
      INTERconnected NETworking: Sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia.
7.      Syarat terhubung internet
·         Modem: Alat yang memungkinkan komputer dapat berkomunikasi dengan komputer lain dengan melalui kabel telepon.
·         Telepon
·         Software
·         Internet Service Provider

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aku dan Kamu :)

Praktikum ooh Praktikum