E-Business dalam Supply Chain [part 2]
Sistem Fungsi Bisnis
Penerapan E-business pada sistem fungsi bisnis terdiri dari lima komponen utama, yaitu:
- Sistem marketing, berhubungan dengan perencanaan, promosi dan penjualan produk-produk yang ada di pasar serta pengembangan berbagai produk baru dan pasar baru agar dapat lebih baik melayani pelanggan. Penggunaan teknologi informasi di bidang mareting, pada walnya diterapkan pada promosi produk maupun jasa dengan menggunakan fasitas internet, yang banyak dikenal dengan sebutan e-commerce. Media pemasaran melalui e-commerce dengan pemanfaatan fasilitas internet banyak dikembangkan melalui website, jaringan sosial seperti facebook, twitter dari tahap promosi produk atau jasa hingga pemesanan produk atau jasa tersebut
- Human resource management system (Sistem sumber daya manusia), melibatkan perekrutan, penempatan, evaluasi, kompensasi dan pengembangan karyawann dari sebuah organisasi. Sejak berkembangnya penggunaan teknologi informasi dalam perusahaan, E-business juga diterapkan pada sistem SDM perusahaan-perusahaan besar di Indonesia. Penerapan E-business sudah dilakukan dari tahap recruitment, proses seleksi dan penilaian, pengarsipan data karyawan, training, penempatan hingga carrier path telah dikelola dengan sistem terintegrasi, dan setiap saat dapat dianalisa untuk pengambilan keputusan selanjutnya untuk pengembangan, repositioning karyawan maupun keputusan lainnya yang berkaitan dengan karyawan.
- Financial Management System (Sistem Manajemen Keuangan), mendukung manajer bisnis dan para praktisi dalam keputusan yang berkaitan dengan keuangan bisnis serta pengendalian sumber daya keuangan di dalam bisnis.
- Accounting System (Sistem Akuntansi), mencatat dan melaporkan arus dana melalui pengaturan dan pembuatan laporan keuangan secara historis seperti neraca dan laporan laba rugi.
- Manufacturing System (Sistem Manufaktur), meliputi semua aktifitas yang berkaitan dengan pernecanaan dan pengendalian proses menghasilkan produk atau jasa. Proses ini menggunakan sejumlah peralatan modern seperti mesin industri, program manajemen yang teratur dan terukur untuk melakukan transformasi barang mentah menjadi barang jadi dan layak. Seluruh tahapan dalam industri manufaktur harus terintegrasi dengan baik.
Dalam membuangun suatu sistem e-business, diperlukan adanya suatu strategi khusus yang berbeda dengan stategi bisnis yang digunakan dalam perusahaan yang bergerak secara offline. Dalam pengembangan e-business, strategi memegang peranan yang penting karena di sini teknologi hanya memiliki 1/3 bagian dari sistem, sedangkan sisanya mencakup organisasi, SDM, rekanan, sistem manajerial, administrasi front dan back office, serta strategi yang diterapkan. Dalam sistem e-business, para konsumen harus bertindak lebih aktif untuk mencari informasi situs dan produk-produk yang dipasarkan daripada konsumen tradisional yang lebih banyak menunggu usaha promosi dari para pebisnis.
Ada berbagai faktor yang mempengaruhi keaktifan konsumen pada sistem e-business. Berryman dalam bukunya yang berjudul Electronic Commerce: Three Emerging Strategies mengungkapkan beberapa model pembentukan e-market, yaitu:
- Seller-controlled electronic marketplace, yaitu pasar dibentuk oleh penjual tunggal yang mencari banyak pembeli.
- Buyer-controlled electronic marketplace, yaitu pasar dibentuk oleh satu atau lebih pembeli dengan tujuan untuk mengalihkan kekuatan dan nilai dalam pasar kepada pihak pembeli.
- Natural electronic marketplace, yaitu pembentukan pasar dilakukan oleh pihak ketiga untuk mempertemukan banyak penjual dan banyak pembeli. Cara terbentuknya pasar seperti di atas memang penting untuk diperhatikan, akan tetapi masih terdapat faktor lain yang tidak kalah pentingnya, yaitu bagaimana cara untuk memenangkan pasar tersebut karena ketatnya persaingan dan adanya produk.
E-Commerce
Electronic Commerce (Perniagaan Elektronik), sebagai bagian dari Electronic Business (bisnis yang dilakukan dengan menggunakan electronic transmission) secara umum didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan atau perniagaan barang atau jasa (trade of goods and service) dengan menggunakan media elektronik. Kesimpulannya, “e-commerce is a part of ebusiness”.
Karakteristik E-commerce
- Transaksi tanpa batas
- Transaksi Anonim
- Produk digital/Non-digital
- Produk barang tak berwujud
E-Service
Electronic Service merupakan bagian dari Electronic Business yang bergerak khusus dalam sektor jasa. Berbagai perusahaan jasa seperti bank, broker saham, telah melakukan penjualan online bahkan sebelum berkembangnya internet. Faktor pemicu utamanya adalah adanya peluang untuk melakukan digitalisasi keseluruhan proses operasi jasa.
Contoh E-Service
- Industri pariwisata dan biro perjalanan. Jasa-jasa yang disediakan meliputi informasi umum, reservasi, paket liburan dan wisata, akomodasi, dan hiburan. Selain itu tersedia pula informasi seperti tips dari orang-orang yang sudah mengalami situasi tertentu (seperti masalah visa), electronic travel magazines, perbandingan biaya, konversi mata uang, fare tracking, lokasi wisata menarik di seluruh dunia, informasi belanja aksesoris dan buku traveling, pendapat pakar, berita-berita kini yang berkaitan dengan pariwisata dan situasi internasional, chatting rooms, bulletin boards, frequent flier deals, dan sebagainya. Contoh situs: www.expedia.com, www.travelweb.com
- Internet Job Market. Job market adalah salah satu pasar terbesar di dunia dimana perusahaan mencari karyawan yang memiliki kompetensi dan ketrampilan spesifik, sementara individu mencari pekerjaan yang dinilai cocok. Internet job market digunakan oleh berbagai pihak untuk berbagai keperluan diantaranya: Para PencariKerja (JobSeekers), Perusahaan Pencari Kerja (JobOffers), Recruiting Firms, Lembaga Pemerintah. Contoh situs: www.hotjob.com, www.headhunter.com
- Real estate. Contoh situs : www.ired.com, www.comspace.com
- Internet Banking.
- Online Publishing. Meliputi penyampaian informasi surat kabar, majalah, berita, buku teks, musik, klip video, film, dan informasi lainnya melalui internet. Contoh situs: www.kompas.com, www.detik.com
Komentar
Posting Komentar
Terima kasih sudah membaca postingan ini. Silahkan komentarnya