E-Business dalam Supply Chain [part 1]
Pengertian Supply Chain Management
Suplly chain management adalah sebuah system terkoordinasi yang
terdiri atas organisasi, sumber daya manusia, aktivitas, informasi dan
sumber-sumber daya lainnya yang terlibat secara bersama-sama dalam memindahkan
suatu produk atau jasa baik dalam bentuk fisik maupun virtual dari suatu
pemasok kepada pelanggan.
Pengertian
E-Business
Electronic Business atau E-business
dapat diterjemahkan sebagai kegiatan bisnis yang dilakukan dengan menggunakan sistem informasi komputer. Sekarang ini E-businesss
merupakan bentuk kegiatan bisnis yang dilakukan dengan menggunakan teknologi
Internet.
Peran e-business dalam supply chain
- Mendukung pelaksaan transaksi jarak jauh sehingga dapat menambah pendapatan perusahaan karena transaksi tidak lagi terbatas pada tempat tertentu.
- E-business dapat di akses dari mana saja dan kapan saja dengan menggunakan internet pada komputer ataupun mobile secara online sehingga memudahkan pelanggan tanpa perlu mendatangi suatu toko atau perusahaan untuk mengetahui harga ataupun jenis barang yang ingin dibeli. Bahkan transaksi pembayaran pun dapat dilakukan secara online.
- E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal mereka secara lebih efisien dan fleksibel.
- E-business juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik.
Dampak dari E-busines pada kinerja
supply chain
Dampak dari E-business pada kinerja suplly chain
adalah meluasnya fasilitas dalam komunikasi suatu organisasi, mengurangi waktu proses dan
semakin berkembangnya kerja sama
antar berbagai pihak. E-business
menyediakan kesempatan bagi sebuah organisasi untuk meluaskan pasar mereka ke
seluruh dunia sehingga dapat menaikan tingkat permintaan dalam penggunaan
barang atau jasa. Hal ini membutuhkan SCM yang efektif salah satunya dengan
menerapkan VE dan Enterprise Rosource Planning (ERP).
Terdapat enam model bisnis dasar yang berhubungan dengan E-business di
internet, yaitu:
- Business-to-Business (B2B), berfokus pada hubungan antara dua perusahaan dan ditandai oleh produk internal dan jasa atau berbagai pengetahuan.
- Business-to-Consumer (B2C), berfokus pada hubungan antara bisnis dan konsumen di pasar. Website termasuk kedalam kategori ini secara luas karena menjual barang dan jasa kepada konsumen.
- Business-to-Employer (B2E), berfokus pada hubungan antara bisnis dan karyawannya. Model ini merupakan bentuk internal yang digunakan oleh bisnis untuk berkomunikasi dan memungkinkan transaksi terjadi dalam organisasi.
- Business-to-Government (B2G), berfokus pada hubungan bisnis dan pemerintah.
- Costumer-to-Costumer (C2C), berfokus pada hubungan antara konsumen dengan konsumen lainnya.
- Hybrid (B2B dan B2C)
Nilai E-business dalam industri yang
berbeda
Beberapa perubahan yang terjadi dengan menggunakan E-business dalam suatu
industri, diantaranya :
- Pemasaran yang lebih luas dengan
tingkat kompetisi yang lebih tinggi.
- Pertumbuhan dan perkembangan industri
dan perusahaan sangat bergantung pada informasi dan pengetahuan.
- Produktivitas lebih diutamakan
dibandingkan kehadiran di tempat kerja.
- Produk terbaru dapat dijumpai dalam
komunitas e-business, namun usia produk menjadi singkat.
- Struktur organisasi terdistribusi
secara merata untuk mencapai fleksibilitas dan menekan biaya, kerja tim lebih
ditekankan untuk dapat memberi respon atau memberuikan inovasi baru kepada
perusahaan. Penerapan sistem e-business ini memberikan sejumlah manfaat, baik bagi perusahaan atau
pebisnis perseorangan, konsumen, maupun masyarakat pada umumnya.
- Menyelesaikan permasalahan kapling
(lokasi), tenaga kerja, gudang, perijinan, dan keamanan.
- Memperpendek jarak antara perusahaan
dengan konsumen.
- Peningkatan market exposure (pangsa pasar).
- Jangkauan mitra kerja menjadi semakin
luas.
- Biaya terkendali.
- Efisien.
- Cash flow terjamin.
- Meningkatkan citra perusahaan.
- Meningkatkan pelayanan kepada
konsumen.
- Meningkatkan produktivitas.
- Mempermudah akses informasi.
- Mengurangi biaya transportasi.
- Meningkatkan fleksibilitas.
Manfaat yang didapat oleh konsumen
yang menggunakan sistem e-business:
- Memperoleh informasi dan dapat berinteraksi secara efektif
- Biaya terkendali
- Keamanan secara fisik
- Harga produk cukup murah
- Memperoleh fleksibilitas dalam melakukan transaksi.
Masyarakat pada umumnya juga akan memperoleh manfaat
dari adanya pelaksanaan system E-business, yaitu terciptanya peluang kerja baru
dan terciptanya persaingan yang kompetitif antar perusahaan
sehingga masyarakat akan disuguhi dengan produk-produk berkualitas dengan harga
yang kompetitif.
Kekurangan E-business
E-business yang semakin banyak digunakan juga memiliki sejumlah
kekurangan, antara lain:
- Pencurian
informasi rahasia yang berharga.
- Kehilangan
kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan.
- Kehilangan
kepercayaan dari para konsumen.
- Penggunaan
akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak.
- Kerugian
yang tidak terduga.
Selain memiliki beberapa kekurangan, dalam penerapannya pun E-business
masih memiliki beberapa hambatan, yaitu:
- Belum
terbentuknya high trust society.
- Harga
produk tidak bisa ditawar, tidak seperti pada pasar tradisional.
- Adanya
tindak kejahatan penyalahgunaan kartu kredit.
- Perbedaan
platform antarperusahaan.
- Ketaatan mengenai etika dan moralitas yang masih kurang.
Sejumlah faktor pun dapat menyebabkan kegagalan E-business, di antaranya:
- Tidak ada komitmen yang utuh dari manajemen puncak
- Penerapan e-business tidak diikuti proses change management
- Tidak profesionalnya vendor teknologi informasi yang menjadi mitra bisnis
- Buruknya infrastruktur komunikasi
- Tidak selarasnya strategi TI dengan strategi perusahaan
- Adanya masalah keamanan dalam bertransaksi
- Kurangnya dukungan finansial
- Belum adanya peraturan yang mendukung dan melindungi pihak-pihak yang bertransaksi (cyberlaw)
- Menggunakan target jangka pendek sebagai pijakan investasi e-business
Terima kasih, El, sudah dijelasin tentang apa itu SCM, lagi nyari materi untuk nambah referensi makalah.
BalasHapus