Etika - Profesionalisme - Etika Profesionalisme


Apa sih etika itu??

Menurut Wikipedia, etika itu berasal dari kata ethikos yang berarti timbul dari kebiasaan. Ethikos ini merupakan bahasa yunani kuno lhooo~ jadi, etika itu adalah sebuah sesuatu di mana dan bagaimana cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standard an penilaian moral.

Aduuuh agak susah bahasanya yak *lambaikan tangan ke kamera*

Ada lagi pendapat lain tentang apa itu etika, yaitu ilmu yang membahas perbuatan baik dan perbuatan buruk manusia sejauh yang dapat dipahami oleh pikiran manusia.

Terus kalo menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), etika itu dirumuskan dalam 3 arti, yaitu tentang apa yang baik dan apa yang buruk, nilai yang berkenaan dengan akhlak, dan nilai mengenai benar dan salah yangdianut suatu golongan atau masyarakat.


Terus kalo profesionalisme itu apa??

Masih menurut Wikipedia, profesionalisme ialah sifat-sifat (kemampuan, kemahiran, cara pelaksanaan sesuatu dan lain-lain) sebagaimana yang sewajarnya ter­dapat pada atau dilakukan oleh seorang profesional.

Pendapat lain lagi mengatakan bahwa profesionalisme adalah orang yang mempunyai profesi atau pekerjaan purna waktu dan hidup dari pekerjaan itu dengan mengandalkan suatu keahlian yang tinggi.  Atau seorang profesional adalah seseorang yang hidup dengan mempraktekkan suatu keahlian tertentu atau dengan terlibat dalam suatu kegiatan tertentu yang menurut keahlian, sementara orang lain melakukan hal yang sama sebagai sekedar hobi, untuk senang – senang atau untuk mengisi waktu luang.

Menurut KIKI SYAHNARKI, Profesionalisme merupakan "roh" yang menggerakkan, mendorong, mendinamisasi dan membentengi TNO dari tendensi penyimpangan serta penyalahgunaannya baik secara internal maupun eksternal.

Ada lagi menurut DONI KOESOEMA A, Profesionalisme merupakan salah satu cara bagi guru untuk merealisasikan keberadaan dirinya sebagai pendidik karakter.

Terus kalo digabung kan jadi etika profesionalisme. Itu apa artinya??

Etika profesionalisme adalah pedoman sikap, tingkah laku dan perbuatan dalam melaksanakan tugas dan dalam kehidupan sehari-hari.


Sumber terkait :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aku dan Kamu :)

contoh soal dan jawaban Pengantar Teknologi Sistem Informasi

Praktikum ooh Praktikum