Obrolan seputar Photoshop

Di suatu sore yang dihiasi dengan rintik rintik hujan, seorang Encum seperti biasanya tetep ngerecokin temennya yang bernama Unyun. Mau ngapain sih si Encum??

Check this out…

Encum     : *lari-lari kayak di pilem india* “Unyuuuuun… tolongin encuuuum duuuuuundh…”

Unyun      : “Kenapa sih Cum?? Ujan ujan gini masih aja sempet lari-lari dari rumah kesini.”

Encum     : “Tolongin Encum dooong nyun. Urjen nyun, urjen.”

Unyun      : “hah? Urjen?? Urgent, cum.. “

Encum     : “Iyaa dah.. itu dah namanya yak. Darurat pokoknye…”

Unyun      : “Kenapa sih?? Atur napas dulu. Abis itu baru ngomong!”

Encum     : “jadi gini, Nyun… Poto Encum yang mau Encum kasih ke pacar ntu pan jelek banget dah yak. Nah Encum mau minta tulung sama Unyun buat bagusin potonye Encum. Biar cakepan dikit gitu dah. Biar kayak artis di tipi tipi. Kayak selena gomez dah minimal yee…”

Unyun      : *tepok jidat* “Laaaah cum, itu sih ketinggian. Jauh amat pengen jadi kayak selena gomez.”

Encum     : “ya kali aje bisa gitu, nyun. Yaa pokoknye yang penting mah jadi cakepan dikit dah. Soalnye di poto ntu tuh Encum pas banyak jerawatnye, Nyun.”

Unyun      : “Oooo… buat ngilangin jerawatnya gitu. bisa kok, Cum. Itu nanti di edit pake perangkat multimedia yang namanya photoshop, Cum.”

Encum     : “Hah?? Sotosop?? Apaan tuh??”

Unyun      : *tepok jidat* “Photoshop, Cum. Bukan sotosop. Jadi si photoshop ini tuh perangkat lunak yang biasa dipake buat ngedit foto atau gambar sama bikin efek efek tertentu di gambar atau foto itu, Cum. Para fotografer kalo mau ngedit foto yang mereka jepret bisa pake perangkat lunak ini juga lhooo…”

Encum     : “Wiiiih teope dong, Nyun. Terus terus?? Kok bisa sih photoshop dipake buat ngedit gitu nyun?? Emang pegimane caranya dah??”

Unyun      : “Photoshop ini punya tools yang gunanya buat ngedit sama ngasih efek ke gambar, Cum. Nih Unyun kasih tau tools-nya itu ada apa aja… ada Move tool, Rectangular marquee tool, Magnetic lasso tool, Magic wand tool, Crop tool, Eyedropper tool, Spot healing brush tool, Brush tool, Pattern stamp tool, Art history brush tool, Eraser tool, Paint bucket tool, Sharpen tool, Burn tool, Freeform pen tool, Text tool, Path selection tool, Shape tool, Hand tool, Zoom tool. Dan masih banyak lagi, Cum.”

Encum     : “Oooo jadi pake tools itu yee Nyun buat ngedit poto. Eehh iye, poto Encum pan formatnya JPEG, Nyun. Bisa di edit kagak tuh di sotosop?”

Unyun      : “Photoshop, Cum *geregetan* bisa kok Cum. Di Photoshop itu kita bisa ngedit foto atau gambar yang formatnya JPEG, JPG, PNG atau BMP. Terus kita juga bisa nyimpen gambar yang di edit itu dengan bentuk format lain yang udah di sediain sama si photoshopnya, Cum. Terus nih yak, di Photoshop ini kita juga bisa bikin desain web lhooo.”

Encum     : “Masaaa??? *ceritanya syok* mantep banget dah yak si soto… eehh poto…potooo…potosyop…”

Unyun      : “Photoshop, Encum sayaaang…”

Encum     : “Terus bisa apaan lagi dah tu si photoshop?”

Unyun      : “Selain ngedit gambar atau foto, di photoshop kita juga bisa bikin gambar di layar kerja baru, Cum. Dan masih tetep pake tools yang udah disediain sama photoshop. Kayak yang tadi Unyun bilang kalo desain web juga dibikinnya pake perangkat lunak ini.”

Encum     : “Emang si photoshop ini asalnya dari mane sih nyun?”

Unyun      : “Photoshop ini dibawah naungan Adobe Systems, Cum. Jadi gini, awalnya itu taun 1987, Thomas Knoll nulis program buat nampilin gambar grayscale di layar monokrom. Terus sodaranya yang namanya John Knoll tertarik tuh sama yang dibikin si Thomas. Dia nyuruh Thomas buat ngubah program yang dibikin jadi program penyunting gambar penuh. Terus taun 1988 si Thomas kerjasama sama si John. Terus yang tadinya namanya ImagePro berubahlah jadi Photoshop. Mulailah itu mereka mendistribusikan salinan dari si program photoshop. Sampe akhirnya pas bulan September di taun yang sama, Adobe memutuskan buat ngebeli lisensi photoshop ini setelah si John ngasih demonstrasi program ke insinyur di Apple Computer Inc. dan Russell Brown.”

Encum     : “Ooooo gituuuu toh. Waaah Encum jadi nambah pengetahuan juga nih Nyun. Tararengkyu ye. Hehehhee… Berarti Encum bisa doooong minta ajarin Unyun buat belajar pake photoshop. Biar kalo mau ngasih poto ke pacar Encum kagak usah ngerepotin Unyun lagi yak.”

Unyun      : “Boleeeh… boleeeh…”

-sekian

Naaaah begitulah sedikit penjelasan tentang perangkat lunak multimedia yang biasa dipake buat image editor. Dari obrolan si Unyun sama Encum tadi, perangkat lunak yang dimaksud adalah photoshop. Pasti temen-temen udah banyak yang pernah pake perangkat lunak ini deh. Digunain dengan sebaik-baiknya yaaa, jangan buat yang aneh aneh apalagi untuk memfitnah orang dengan gambar yang ga penting.

Semoga bermanfaat yaa postingan kali ini. See you…


sumber:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aku dan Kamu :)

contoh soal dan jawaban Pengantar Teknologi Sistem Informasi

Praktikum ooh Praktikum